Nama Produk Susu Formula yang Tercemar Bakteri Telah Diketahui

Industri susu Nasional Indonesia rupanya telah meremehkan masalah dari Bakteri Enterobacter sakazakii yang mencemarkan produk susu formula anak-anak.

Penelitian yang diadakan oleh The Lancet (30 Desember 2003, halaman 5, 39) menunjukan bahwa pencemaran bakteri E. Sakazakii pada susu formula telah menyebar dibeberapa negara. Riset yang dilaksanakan oleh Chantal Kandhai dari Wageningen University di Belanda yang dibiayai oleh Nestle menemukan bahwa delapan dari sembilan pabrik susunya tercemar oleh bakteri E. Sakazakii.

Tidak diketahui bagaimana penyebaran bakteri ini. Bakteri ini sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah dan dapat menyebabkan meningitis, infeksi pembuluh darah atau inflamasi sistem pencernaan yang mematikan bagi bayi maupun orang dewasa. Meningitis menyebabkan kematian pada 33%-80% kasus.

Menurut situs Sciences News Online dari penelitian yang dilakukan di 35 negara ditemukan bahwa tingkat pencemaran bakteri Enterobacter sakazaii ini pada susu formula bayi sebesar 14 persen atau 20 kaleng dari 141 kaleng yang diteliti. Penelitian ini juga lebih lanjut menemukan bahwa bakteri E. Sakazakii ini ditemukan pada debu yang ada dilantai pabrik pembuatan susu formula bayi tersebut padahal pabrik pembuatan susu formula atau makanan apapun menurut standar sudah seharusnya bersih dari semua virus, kuman ataupun bakteri yang berbahaya

PRODUK SUSU YANG TERCEMAR

Mead Johnson sebuah perusahaan susu formula (EnfaGrow, EnfaPro) , januari tahun lalu menarik produk mereka khususnya susu formula untuk bayi karena mengandung bakteri E. Sakazakii yang mematikan.

Nestle, telah dikecam karena memproduksi susu formula untuk bayi yang mengandung bakteri E. Sakazakii, khususnya untuk produk susu formula yang dipasarkan dinegara berkembang.

Diterjemahkan dari:
Dairy Reporter: Dangerous bacteria found in formula milk

Berita terkait bisa dibaca disini:

14 persen susu formula bayi tercemar bakteri E. Sakazakii

Product Mead Johnson Yang Tercemar Bakteri E. Sakazakii

Google: Makanan Bayi dan Susu Tercemar E. Sakazakii

Makanan Bayi dan Susu Yang Tercemar Bakteri

Tempo Interaktif: Menteri Kesehatan Fadillah Supari Yang Tidak Kompeten

Susu Nestle Yang Tercemar Bahan Kimia Melamin Berbahaya

About these ads

38 responses to “Nama Produk Susu Formula yang Tercemar Bakteri Telah Diketahui

  1. terimakasih atas informasinya mas, dan atas keberanian mas mencantumkan alamat atau sumber informasi yang mas dapat. jadi teman teman lain dapat menyebarkan informasi. dan benar benar dapat mempercayainya.

    thk

  2. Yayasan Konsumen Independen

    Sudah ada dilink diatas tinggal diikuti saja ….

    Atau kami paste kan lagi disini supaya mudah

    http://www.dairyreporter.com/news/ng.asp?id=48908

    Thanks :)

  3. Yayasan Konsumen Independen

    Ada salah satu teman yang iseng mencari dan ternyata susu formula yang mengandung bakteri E. Sakazakii itu telah jamak terjadi, berikut ini adalah link yang dapat ditelusuri …

    http://www.naba-breastfeeding.org/images/Recalls.pdf

    http://www.ibfan.org/site2005/abm/paginas/articles/arch_art/85-6.xls

    Atau dapat mencari di google (banyak sekali) dan hampir semua dari situs-situs yang terpercaya:

    http://www.google.com/search?hl=en&q=recall+infant+sakazakii+product&btnG=Search

  4. terimaksih informasinya ya… lega… bayi saya tidak minum su2 formula dari merk tersebut di atas… tapi sempet beberapa kali mengkonsumsi bu2r su2 nestle… (semoga tidak terjadi apa2 dengan anak saya)

  5. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Sama – sama mbak …. Senang rasanya bila tulisan kami ini dapat membantu orang lain

  6. anak saya dari lahir telah mengkonsumsi susu dengan merk nestle dan juga mengkonsumsi bahan makanan dari merk tersebut juga.selama mengkonsumsi merk tersebut berat badannya kurang padahal makan dan minumnya tergolong banyak dan pernah mengalami diare sebanyak 2x dan setiap diare mengeluarkan darah.sekrang saya tidk mengkonsumsi susu tersebut.saya.anak saya berumur 11 bulan dengan berat badan cuma 7.8kg waktu lahir 2.6 kg menurut dokter kurang.saya jadi khawatir dengan karena anak saya lumayan lama mengkonsumsi merk nestle.smoga tidak terjadi apa-apa… apa saya perlu cek kedokter????

  7. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Mbak, kami ini tidak memiliki kompetensi untuk memberikan pendapat atau penilaian medis karena tidak ada satupun diantara kami ini yang bergelar dokter dan memiliki izin prakter.

    Kami ini hanya bisa memberi saran, bila mbak ragu-ragu atau anak ibu menderita sakit, alangkah baiknya secepatnya dibawa ke rumah sakit, puskesmas ataupun dokter anak supaya bila memang terjadi sesuatu tidak terlambar penanganannya

    Mungkin bila ada diantara pembaca yang budiman, ada seorang dokter … mungkin kiranya mau memberikan saran.

    Terima kasih … :)

  8. kalo liat semua informasi diatas,hampir semuanya berbahaya…

  9. Tolong lebih jelas lagi dong…
    Apa cuma produc2 itu saja yang tercemar…
    Apa ada lagi nama Produc lain…
    Karna aku punya anak berumur 5 bulan dan kesehariannya mengkonsumsi susu Formula & bubur bayi…..

    Thanks

  10. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Kami tidak bisa memberi informasi lebih jauh selain apa yang kami dapat dari link-link diatas.

    Kami menyarankan agar berhati-hati dan selalu waspada.

    Berikut ini ada blog seorang dokter spesial anak yang mungkin dapat bermanfaat bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil

    http://avianflutidakseindahnamanya.blogspot.com/2006/10/jangan-mudah-terkecoh-icon-dha-dan.html

  11. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Yang terbaru kami dapat adalah berdasarkan penelitian bakteri Enterobacter Sakazakii

    terdapat dalam 20 kaleng dari 141 kaleng yang diperiksa secara acak di 35 negera atau 14 persen dari susu formula yang diteliti mengandung bakteri Enterobakter Sakazakii.

    Sumber Sience News Online: Formula for Failure

    http://www.sciencenews.org/articles/20040313/food.asp

  12. untung anakku minumnya susu UHT dan pasteurisasi….aman…

  13. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    hati-hati pangkal selamat, mbak ….

  14. Berarti kesimpulannya cuma dua produk susu itu sajakah yang tercemar bakteri sakazaki???
    Khan beritanya banyak prduk susu lokal yg tercemar… mana yg benar..??? Ato ini cuma dua saja yg masih diketahui bocorannya???

  15. dear YLKI,
    terima kasih untuk bentuan informasinya..

    kami dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) juga menghimbau para ibu untuk kembali ke ASI.. dan selalu ada jalan jika ingin memberikan ASI, salah satunya adalah RELAKTASI

  16. IPB memang Institut Pahlawan Bangsa dan harus membeberkannya ….

  17. Salut untuk YKLI !

    Semoga YKLI tetap berada di barisan terdepan untuk membela hak hak rakyat dalam mendapatkan informasi yang tepat dan benar !

  18. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Terima kasih untuk suportnya

  19. saya seorang ayah dari TEGar arifianto yg sangat kawatir dngan adanya bakteri pd susu formula,soalnya anak saya dr lahir minum susu formula tolong ylki ungkap merek susu yg tercemar oleh bakteri tsb.terimakasih

  20. Pemerintah Indonesia lebih mementingkan uang dari para investor, daripada kesehatan anak-anak Indonesia.
    Mudah-mudahan mendapat balasan yang setimpal

  21. Berita tentang Mr. Enterobacter Sakazaki merebak lagi, yang ini jauh lebih HOT, karena si Peneliti dari IPB tersebut akhirnya menyebutkan merk-merk susu yang di klaim tercemar Mr. Enterobacter Sakazaki…

    ”Dr. Sri Estuningsih akhirnya buka mulut, tentang merek2 susu yang katanya tercemar Enterobacter Sakazaki, antara lain adalah bebelac, dancow, enfa grow, enfa pro, nestle, susu bendera, SGM 2 dan bubur SUN…”.

    Menurut saya yang belajar perilaku manusia, Dr. Sri Estuningsih merasa beban yang sangat berat dalam hatinya. Setelah mencapai gelar Doktor (S3) yang dibiayai uang rakyat, tidak kuasa melihat kelebihan ilmu yang diberikan Allah kepada dirinya, melihat kenyataan didepan matanya bakteri penghancur manusia bangsanya sendiri. Nangis nih hik hik…. terharu banget.

  22. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Seandainya lebih banyak lagi manusia indonesia yang berhati nurani mulia seperti beliau …

    khususnya para marketer yang jujur menceritakan bahwa produk susunya tercemar bakteri, alangkah indanya negeri ini ….

  23. saya seorang ibu di kalimantan timur sangat berterima kasih kepada TIM dari IPB semoga apa yg anda temukan dan memberitahu kepada masyarakat menjadi amal jariah Bpk /Ibu semua dan skr anak saya memakai susu MORINAGA yg insyaallah benar2 tidak tercemar amin.

  24. Yayasan Lembaga Konsumen Independen

    Aminnnnnnnn ……

  25. Mohon transparansi jika ada hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan anak-anak, kasihan bagi seorang bayi yang tidak bisa diberi ASI oleh ibunya karena alasan tertentu, jangan sampai berjatuhan banyak korban

  26. saya seorang ayah yang bekerja sebagai buruh pabrik,saya mempunyai seorang anak perempuan yang baru berusia 9 bln,dari pertama lahir anak saya sudah minum susu formula. dari awal pemberitahuan tentang adanya susu yang tercemar baktery…saya sampai sekarang belum tahu apa susu yang diminum anak saya itu yang termasuk tercemar baktery apa tidak? saya mohon informasinya tentang merk susu formula apa saja yang tercemar baktery.
    terima kasih.

  27. saya beli susu merk frisian flag cair(siap minum)di carrefour ambasador tgl 2 januari 2009. saya lihat kadaluwarsanya masih lama( bln Juni 09), tapi 2 jam kemudian anak saya muntah2. kr2 kenapa ya? bahan beracun atau bakteri?

  28. terimakasih krn akhirnya sy mengetahui susu mana yg tercemar bakteri,dan ternyata susu yg anak sy minum tercemar,sy sangat sedih skali.anak sy minum enfapro dan skrg enfagrow.Ya Allah mdh2an tdk terjdi apa2 dgn anakku.AMIN.

  29. Tolong krmkan nama2 susu yg trcmar dong. .n apkh mrinaga trmsk slh stu susu yg tercemar??

  30. saya minta bantuannya untuk memberikan informasi ttg susu enfagrow a+

  31. dear all..thanks 4 the info.tp td stlh sy buka salah satu web di atas,di amerika,produk wyeth (s26) tercemar e.s. Jg ya?yang di indonesia gimana ya?

  32. Anak z dr umur 1 thn udh minum susu dancow sampai skrg udh umur 3thn msh ttp su2 dncow, tp alhmdulillah ankq shat2 sj n jrang sakit. Bdanx pun gmuk, aktif n brtmbh phntar. Mudh2n tdk trjd ap2 dgn ksehatn ank sy.

  33. bundanyadekindra

    merk susu apa aja yach yang tercemar enterobacter sakazakii sekalian bubur bayinya juga yach????soalnya saya jg was2 denger beritanya sekarang2 ini,,,,terima kasih atas infonya,,,,

  34. sy ikut prihatin buat para bayi yang terkena sakit gara-gara susu ini… kemarin bayi teman saya dalam waktu 3 hari berat badannya ciut cepat banget sampe semuanya ikutan stress… untungnya dokter langsung tahu penyebabnya gara-gara susu enfagrow mengandung bakteri kasazaki…

    saya harap pemerintah mau menolak menjadikan negara ini sebagai negara ke-3 yang mau saja dijadikan bahan percobaan terhadap bahan makanan gak jelas apalagi bawa penyakit…

  35. yang saya mau tanyakan apakah semua produk susu dancow tercemar bakteri karena anak saya dari umur 9 bl sudah mengkonsumsi susu tersebut saya jadi sedih dan sangat khawatir sekali
    besar harapan saya produsen susu tsb mau memberikan penjelasan atas susu yang telah diminum oleh jutaan anak bangsa ini

  36. udah beredar daftar merek susu yg terkontaminasi, trus actionnya ap ya?
    Barusan sy dpt kbr ad bayi usia 3bln kena E.sakazakii sedang drawat d RSIA Dr ALI MARSUDI KUDUS JATENG, dia konsumsi BEBELAC untk 0-6 bln. Bs bntu kroschek gak?

  37. Dear ylki..

    please ksh tahu dong semua nama produk susu dan mknn yg tercemar bakteri E.
    Saya memiliki anak berumur 11 bulan , memang pnh 1X mengalami diare, dan kekebalannya tubuh cenderung krg jd sk terkena radang, flu,batuk.
    Apakah susu bayi keluaran dr WYHET itu mengandung/ tdk mengandung bakteri E? Bgmn jg dgn makanan bayi keluaran KALBE(MIlna.)?
    Mohon jawabannya. Demi kesehatan putra saya dan jutaan anak2 indonesia.

  38. trims tuk YLKI, emang cuma ASI yang aman. Kl ibunya bekerja msh bs kok ngasih asi yang dsimpan dlm kulkas/pun freezer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s