Daftar Nama Produk Jamu dan Obat Yang Ditarik Karena Mengandung Bahan Kimia Obat Keras

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali menarik dan melarang peredaran 54 item produk obat tradisional (jamu).Ke-54 jenis jamu tersebut setelah dilakukan pengujian laboratorium terbukti mengandung bahan kimia obat keras (BKO) yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Kepala BPOM, Dr Husniah Rubiana Thamrin Akib MS, MKes, SpFK, mengatakan jenis bahan kimia yang ditemukan pada jamu-jamu tersebut antara lain sibutramin hidroklorida, sildenafil sitrat, siproheptadin, febilbutason, asam mefenamat, prednison, metampiron, teofilin, dan parasetamol.

“Mengonsumsi obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat keras sangat membahayakan kesehatan, bahkan dapat mematikan,” tutur Husniah, Selasa (10/6).

DAFTAR JAMU TERLARANG
Ke-54 jamu yang diketahui mengandung BKO adalah
Pacegin Kapsul Alami,
Neo Gemuk Sehat Merk F Munir,
Ganoderma Capsule,
Sela Kapsul, Bima Kudra Tablet,
Ajib Kapsul,
Kamasutra Kapsul,
Asam Urat Flu Tulang Cap Onta,
Akar Baru Cina Tablet,
Ramuan Cina Kapsul,
Jasa Agung 2 Serbuk,
Sesak Nafas Serbuk,
Sari Bunga Segar Bugar Serbuk,
Jawa Dwipa cap Daud Sambiroto Cairan Obat Dalam,
Golden Herbal Capsules,
Obat Kuat dan Tahan Lama Ratu Madu Plus Kapsul,
Pegal Linu + Asam Urat Cap Burung Glatik,
Akar Sakti Asam Urat Flu Tulang Stroke,
Asam Urat Pegal Linu Cikungunya dan
Asam Urat Flu Tulang Kharisma Sehat Serbuk.

Sinar Manjur SMR,
Runrat tablet,
Ramuan Shin She Kapsul,
Sehat Sentosa Gemuk Sehat Serbuk,
Serbuk Dewa,
Sumber Sehat Ambeien Sehat Serbuk,
Cakra Sehat Sesak Nafas Serbuk,
Serbuk Halus Asam Urat,
Kharisma Sehat Pria dan Wanita Serbuk,
Sumber Urip Pegal Linu Serbuk,
Super Abad 21 Asam Urat Flu Tulang,
Flu Tulang Pegal Linu Puspita Surya Serbuk,
Cap Sarang Lawet Serbuk,
Asam Urat Akar Sewu Serbuk,
Asam Urat Flu Tulang Cakra Wijaya,
26 Sakit Pinggang Kapsul.

Zestos Kapsul, —> Kunjungi Situs Resmi Zestos
Sari Jagad Manjur Asam Urat Kapsul,
Sari Jagad Manjur Rheumatik Kapsul,
Dewa Ampuh Serbuk,
Serbuk Asrema,
Purba Sentosa Pegal Linu/Rheumatik,
Asam Urat Pegal Linu Serbuk,
Ramuan Manjur Pas Flu Tulang,
Dua Putri Bayan,
Fong Se Wan Kapsul,
Asam Urat Flu Tulang cap Onta Mas,
Obat Kuat dan Tahan Lama Bulan Madu,
Langsing Ayu Sing Ayu,
Chuifong Toukuwan Pil dan
Jaka Suna Gemuk Sehat Serbuk.

SUDAH DIMUSNAHKAN
Dari 54 item jamu ini, 46 jamu di antaranya menggunakan nomor pendaftaran fiktif. Jamu-jamu tersebut ditemukan di 15 provinsi yaitu Medan, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banjarmasin, Kendari, Mataram, Lampung, Bengkulu, Banda Aceh, Padang, Makassar, Pontianak, Bandung, Pekan Baru dan Kupang.

BPOM sendiri diakui Husniah sudah memusnahkan 20 truk jamu-jamu bermasalah tersebut beberapa waktu lalu. “Saya minta masyarakat tidak mengonsumsi jamu-jamu itu,” tambah Husniah.

Ditemukannya jamu-jamu dengan kandungan BKO, lanjut Husniah, menambah buruk citra jamu asli Indonesia.

Sebab, jamu-jamu ber-BKO tersebut ternyata tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di Arab Saudi, Singapura , Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Kita menjadi sulit untuk mengekspor jamu asli Indonesia . Kalaupun ada di pasaran negara lain itu dilakukan secara ilegal,” tandas Husniah.

”Karena obat tradisional ini sangat berbahaya, masyarakat diminta tidak mengonsumsinya,” kata Husniah.

Produsen dan pengedar obat tradisional ini sendiri bisa diancam lima tahun penjara dan denda Rp 2 miliar.

JAMU DAN OBAT TRADISIONAL BERBAHAYA MASIH BEREDAR BEBAS
Jamu dan obat tradisional berbahaya karena mengandung bahan kimia obat keras masih beredar di sejumlah daerah. Padahal, Badan Pengawasan Obat dan Makanan sudah mengumumkan, 54 merek jamu dan obat tradisional berbahaya itu harus ditarik dari peredaran. Di Yogyakarta, misalnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Yogyakarta menemukan sedikitnya lima merek jamu terlarang tersebut dijual di kios-kios secara bebas.

Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen BB POM Yogyakarta Diah Tjahjonowati mengatakan, kelima produk tersebut adalah Bima Kudra tablet sebanyak 15 sachet, 26 dos jamu Pria Dewasa Ocema Kapsul, obat kuat tahan lama Ratu Madu Plus Kapsul 5 sachet, dan 35 bungkus Bulan Madu Kapsul yang semuanya mengandung sildenafil sitrat. Selain itu, juga ditemukan 14 dos ramuan China kapsul yang mengandung parasetamol.

Sildenafil sitrat dapat menyebabkan sakit kepala, mual, gangguan penglihatan, radang hidung, nyeri dada, dan denyut jantung menjadi cepat. Adapun parasetamol menyebabkan gangguan dan kerusakan hati apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

”Pedagangnya rata-rata tidak tahu kandungan jamu dan obat yang mereka jual,” kata Diah.

PERUSAHAAN PALSU DAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMILIKI TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Secara terpisah, Kepala BB POM Jawa Tengah Maringan Silitonga di Kota Semarang mengatakan sulit mencari sumber distribusi dan produsen 54 jamu yang ditarik dari pasaran tersebut, karena nama perusahaan dan nomor produksi yang tertera dalam kemasan adalah palsu.

Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BB POM Jateng Agus Prabowo mengatakan, produsen jamu ilegal ini kebanyakan berasal dari Cilacap, Solo, Banyumas, Semarang dan Jakarta.

Menurut Agus, saat ini BB POM berusaha menarik jamu ilegal dari pasaran Jateng secepat mungkin. Akan tetapi, hal ini bukan proses mudah karena hingga saat ini banyak distributor gelap yang alamatnya tidak jelas.

Beredarnya jamu berbahan kimia obat asal Cilacap diakui Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Sugeng Budi Susanto. Namun, penindakannya di luar kewenangannya. Adapun pembinaan, menurut dia, sudah dilakukan

Download Daftar Jamu Obat Traditional Yang Mengandung BKO (sumber BP POM)

Lihat Salah Satu Website Jamu/Obat Kuat Berbahaya:

www.zestos.net —–> Zestos Kapsul

Sumber Berita

POS KOTA: Daftar Nama Jamu Yang Dilarang Beredar Oleh BP POM Karena BKO

KOMPAS: 54 Merek Jamu yang Dilarang Beredar

47 responses to “Daftar Nama Produk Jamu dan Obat Yang Ditarik Karena Mengandung Bahan Kimia Obat Keras

  1. Hello Jamuners…ati2 ya kalo beli jamu. umumnya jamu yang pake bko harganya murah, tambah embel embel kata yang bertuliskan “CessPleng”. KAgak ada obat alami yang bisa nyembuhin penyakit dalam waktu sekejap. kalo kita minum obat flu ato batuk sesuai dengan dosis dokter aja biasanya baru sembuh 3 ampe 5 hari. Nahh… kalo minum jamu bisa langsung sembuhin penyakit,…eluuu kudhu curiga yaaaa.

  2. Gue pernah beli obat kuat buat co gue dari perusahaan jamu yang gak jelas. setelah minum, yang ada bukan efek kedepan tapi jantung berdebar debar, muka merah, mata juga merah. selidik punya selidik tuh jamu ternyata kagak jelas. kapok dech mau seneng jadi senep

  3. hi. saya berasal dari singapura dan saya ingin tahu sama ada Neo Gemuk Sehat F.Munir dan Gemuk Sehat F.Munir adalah sama atau beza. jika ada photo produk-produk ni sila email kan saya di chucky_gal@hotmail.com

    Terima Kasih

  4. Sri Rahayuningsih, SH.

    Saya sering minum pil/tablet dari produk jamu Merit, bagaimana amankan pel tersebut? ma kasih

  5. enehnya klo mereka ditindak pasti nyalahin bahwa ha in katena ulah produsen jamu besar.
    trus pemerintah gak pernah memberikan hukuman yang berat kepada yang terlibat baik produsen, distributor dan pedagang shg tidak menumbulkan efek jera.

  6. mau tanya neh apakah produk jamu madura ada yang dilarang beredar ???kalau ada jenis apa saja?krn jamu madura kan jenisnya lebih byk ditujukan buat para wanita bersuami. Terima kasih sebelumnya.

  7. saya dari Malaysia..harap ada yang boleh bagi penjelasan jika product Lasmi dari Herbalindo SM-Indonesia selamat untuk saya makan..sy baru makan 1 biji….

  8. Hi.. saya dari Malaysia ingin bertanya. Adakah Jamu Lami produksi Herbalindo SM aman untuk di minum? Saya sangat berharapkan pertolongan dari semua sahabat sahabat di Indonesia.

    Segala informasi bolehlah email kan pada saya di oneidakl@yahoo.com.

    Pertolongan dari kalian semua saya dulukan dengan terima kasih.

  9. Kapsul Asam Urat (TCU), product of
    Prananda Jaya Sukses from Indonesia
    Dalam laporan sebuah lembaga riset di Singapura membuktikan bahaya penggunaan obat tersebut.

    Silahkan mengunjungi website:
    http://www.hsa.gov.sg

    Di sini lalu search tentang Prananda Jaya Sukses,
    maka akan ada muncul informasi tentang bahaya penggunaan obat tersebut. Semoga bermanfaat.

  10. saya mau nanya..
    jamu LAMI itu bahaya gak sih .
    kalo bahaya, bahayanya knp ?
    efek sampingny apa ?

    thx b4 .

  11. hi..saya dari malaysia.nk bertanya.adakah produk Jamu Langsing Lasmi dari Herbalindo SM-Indonesia selamat untuk saya makan atau tidak.

    Segala informasi boleh email kan pada saya di
    atfinarika@yahoo.com.my

  12. Hi, mau tanya nih. Kapsul pelangsing merk Merit Plus termasuk produk yg berbahaya gak? Please email ke seven_giant@yahoo.co.id

  13. Saya mengkomsumsi jamu pusaka sejati, kira” jamu itu termasuk yg d larang gak ?
    Mohon penjelasan’a .
    Terima kasih ..

  14. terus mengapa dimakassar di daerah cendrawasih jamu geuk sehat masih beredar di toko obat jamu sy oun sngat takut karena saya pernah mengkonsumsi jamu tersebit dan tolong di berantas segera di massar sebelum banyak jatuh korban please

  15. tolong banget adakah obat yg bisa membuatku gemuk sehat atau jamu soalnya sy pengen banget gemuk ( makssar sulawesi selatan)

  16. HI SAYA DARI M’SIA SYA MAU TANYA PRODUK LAMI @LASMI SELAMAT ATAU TIDAK UNTUK DIMAKAN .SAYA SUDAH MAKAN 4 BIJI SUDAH.KLU TAK ELOK KENAPA YE?? BOLEH BAGI TAHU SAYA TAK

  17. tolong confirms bagi yg tau: obat teh chin chau Mediabetea apakah ditarik / dilarang beredar di negera indonesia ?

  18. kalau mau beli jamu TCU Prananda Jaya Sukses telpon kemana Ya ? ( saya kepingin jadi agen ) dan sekaligus untuk di konsumsi sendiri.

  19. Ari Kurniawan

    saya baru mau dagang jamu,maka saya coba lihat daftar jamu yang di larang…ternyata hampir semua merek jamu yang ada pada calon produsen saya masuk dalam daftar terlarang….sepertinya saya harus berfikir ulang.!!???

    Buat kawan-kawan semua yang bertanya masalah jamu….saya sepakat :
    1. Jamu berbahaya biasanya kasiatnya 1×24 jam
    2. Harganya murah dibandingkan dengan kasiatnya
    3. Penjualnya tidak jelas

  20. km skeluarga suka mnm jmu tradisional madura sehat badan produksi PJ nyior koneng. apa ada info lbh lnjut mengenai kandungan jamu tersbt?

  21. kalau lasmi atau lami langsing alami itu brbahaya ga ??

  22. im from malaysia too..produk lami dari indonesia selamat atau tidak?

    segala response boleh email kepada saye nody.yezza@yahoo.com

  23. im from malaysia too..produk lami dari indonesia selamat atau tidak?

    segala response boleh email kepada saya
    ** nody.yezza@gmail.com

    **pembetulan email

  24. saya telah konsum produk lami hampir 3 botol. Terbaru ada berita mengatakan Produk LAMI atau Langsing Alami itu mengandungi racun.

    Harap dapat berikan penjelasan segera ke email saya.

    Terima kasih

  25. LAMI itu berbahaya yah?? kalo FATLOSS SLIM??

    baleess yahh :)
    thx

  26. SAYA DAH MAKAN PRODUK LAMI HAMPIR 2 TAHUN ADAKAH DIA MENGANDUNGI RACUN?

    • salam yatie.saya ju dari pahang.nak share sekali ,dulu saya makan lasmi dan tak sampai setahun dah kurus dan badan cute.tapi menjelang bulan puasa hari tu saya stop sebab takut kesan buruk.(waktu bulan puasa kurang minunm air)jadi saya stop buat seketika..terkejut beruk saya tanpa disedari dalam sebulan berat naik 10 kg.

      pada kawan kawan lain elok stop ambil,,dahlah bahaya ,bila stop badan naik macam belon.

  27. HI SAYA DARI M’SIA SYA MAU TANYA PRODUK LAMI @LASMI SELAMAT ATAU TIDAK UNTUK DIMAKAN .SAYA SUDA 1 TAHUN MAKAN .PRODUK INI BERACUN KAH?

  28. kalian kalau mau beli obat herbal di webset

    kwalitas bagus dan bisa di percaya

  29. Muhammad Djafar

    Mohon informasi dimana bisa kita beli obat asem urat TEU, apaka ada di Jakarta atau di Bekasi

  30. hai..saya juga dari malaysia,,mau nanya, adakah produk LASMI@LAMI from herbalindo indonesia itu selamat untuk di makan?dan kalau tidak bisa dimakan, apa sebabnya? tolong berikan jawapan di email saya emyzawani86@yahoo.com terima kasih

  31. saya beli jamu lasmi,tp tak makan lg.betul ke ada racun?kalu brenti badan naik mendadak2..

  32. hai…sy jg minum LAMI/LASMI
    baikkah untuk diminum??, dan apa efeknya untuk tubuh.
    tolong jawabnny di email sy khairizakartika@ymail.com

  33. betul ke obat ni bahaya….. saya bru je mkn 3 biji….. tolong jawab nurul_enn91@yahoo.com

  34. Kalo jamu TCU buatan PT Prana jaya gimana ya , soalnya saya agak cuocok dengan produk ini untuk Asam Urat.

  35. mbahtris saya mnta info ttg ramuan kemaren siang yg di tayangkan di televisi JTV nama produk beserta harganya mbah…..

  36. Bos mau tnya ni,AKAR DEWA produk UD. citra alam ponorogo N REMATON jamu kuat produk PT IKOT ITARINDO KEDIRI,bs d konsumsi kan bos,karena Q sbgai pnjual amat hwatir”tks”

  37. Sulami Kapsul produksi PJ Herbalindo SM (mengandung sibutramin hidroklorida, izin edar dibatalkan).Lasmi Kapsul produksi PJ Herbalindo SM (mengandung sibutramin hidroklorida, izin edar dibatalkan) silahkan cek di http://disperindag-jabar.go.id/?pilih=hal&id=29

  38. Ki Tubagus Prabu

    Saya yakin sesuatu yg alami lebih bagus hasilnya drpd jamu / ubat yg mengandung kimia. Kl nak kuruskan badan secara alami cuba minum limau nipis 2 – 3 dalam seminggu dicampur madu. Makan nanas sehari sekali. Insya Allah badan takkan membengkak. Semoga bermanfaat

  39. Ki Tubagus Prabu

    Kalau nak jamu / ubat pelangsing yg dah siap minum tapi dari sumber atau bahan yg sihat / herbal kami sedia ada. Harganya RM 150 kwality gerenti dan aman di konsumsi

  40. Dimana saya bisa dapatkan jamu Mustika Dewa Bintang Dua, yang diproduksi oleh PT Bintang Dua Kalipanas _Indonesia. Dan tolong diberitahu apakah jamu ini aman dipakai. Karna saya pakai ini atas pemberian teman saya, karna rasanya cocok untuk saya. Tolong beritahukan kepada saya, karna saya tinggal di USA, no telepon saya (909) 796-4489. HP, (909) 953-3661. Terima kasih banyak kepada siapa yang dapat menolong saya.

  41. jamu lami itu buat apa ya, saya baru dengar.. mohon jawabannya..

  42. Silakan dicoba juga minuman yang alami yaitu Teh Hijau Organik Sekar Melati, bebas pengawet dan kimia.

Leave a Reply

