Daftar Nama 27 Kosmetik Obat Berbahaya Bagi Kesehatan Karena Mengandung Merkuri

Berikut ini adalah daftar nama 27 Merek Kosmetik Berbahaya bagi kesehatan:

  1. Doctor Kayama Whitening Day,
  2. Doctor Kayama Whitening Night,
  3. MRC Putri Salju,
  4. MRC PS Crystal,
  5. Blossom Day Cream,
  6. Blossom Night Cream,
  7. Cream Malam,
  8. Day Cream Vit E Herbal,
  9. Locos Anti Fleck Vit E & Herbal,
  10. Night Cream Vit E Herbal,
  11. Kosmetik Ibu Sari,
  12. Krim Malam,
  13. MEEI YUNG putih,
  14. MEEI YUNG kuning,
  15. SHEE NA Whitening Pearl Cream,
  16. AILY Cake 2 in 1 Eye Shadow 01,
  17. BAOLISHI Eye Shadow,
  18. CAMEO Make Up Vit 3 in 1 Two Way Cake & Multi Eyes Shadow & Blush,
  19. CRESSIDA Eye Shadow,
  20. KAI Eye Shadow & Blush On,
  21. MEIXUE YIZU Eye Shadow,
  22. NUOBEIER Blusher,
  23. NUOBEIER Blush On,
  24. NUOBEIER Pro-make up & Blusher No.5,
  25. SUT SYU Eye Shadow,
  26. New rody special putih,
  27. New rodi special kuning.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Husniah Rubiana Thamrin Akib, di Jakarta, Rabu, mengumumkan penarikan 27 merek kosmetik yang berbahaya karena positif mengandung bahan berbahaya dan zat warna yang dilarang digunakan dalam kosmetik.

“Berdasarkan hasil investigasi dan pengujian laboratorium Badan POM sepanjang tahun 2007 terhadap kosmetik yang beredar, kami menemukan 27 merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan zat pewarna yang dilarang digunakan untuk kosmetik,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa bahan berbahaya dan zat berwarna yang dimaksud adalah Merkuri (Hg), Asam Retinoat, zat warna Rhodamin (warna merah K.10 dan merah K.3).

“Penggunaan bahan-bahan ini dalam kosmetik dapat membahayakan kesehatan, dan penggunaannya dilarang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.445 tahun 1998 tentang Bahan, Zat Warna, Substratum, Zat Pengawet, dan Tabir Surya pada Kosmetik, dan Keputusan Kepala Badan POM tentang Kosmetik,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Merkuri atau air raksa yang termasuk logam berat berbahaya, yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun, dalam menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

“Efek dari konsumsi Merkuri mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya bisa menyebabkan bintik-bintik hitam di kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal, dan gangguan perkembangan janin. Bahkan dalam paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare, dan kerusakan ginjal serta merupakan zat yang menyebabkan kanker pada manusia (karsinogenik),” ujarnya.

Sementara itu bahaya pengunaan Tretinoin/Asam Retinoat dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, dan cacat pada janin (teratogenik).

“Bahan pewarna merah K.10 dan merah K.3 merupakan zat warna sintesis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil, atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik, sementara Rhodamin dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati,” kata Husniah.

“Kami telah menginstruksikan kepada produsen, importir, dan distributor untuk melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran dan memusnahkannya. Kami pun akan merazia produk-produk ini dari pasaran,” kata dia menambahkan.

Pihak-pihak yang memproduksi, mengimpor, dan atau mengedarkan produk yang tidak memenuhi standar diatur dalam Undang-Undang No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan, dan terancam pidana penjara paling lama 5 tahun dan atau pidana denda maksimal 100 juta rupiah.

Kegiatan ini juga melanggar Undang-Undang No. 8 tentang Perlindungan Konsumen yang dapat dikenakan pidana penjara paling lama 5 tahun dan atau pidana denda paling banyak 2 miliar rupiah, kata Husniah.

Berdasarkan sumber produk, dari total 27 merek yang dilarang peredaran oleh Badan POM, 11 merupakan produk impor dari China dan Jepang, 8 dari produsen lokal (Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Bandung) dan 8 tidak jelas produsen serta asal usulnya.

Berikut daftar kosmetik yang ditarik: Krim Siang dan Malam Dr Kayama, Blossom krim siang dan malam, Krim Malam, Krim siang Vitamin E herbal, Locos Anti Flek, krim malam Vitamin E herbal, krim siang Kosmetik Ibu Sari, krim malam, Meei Yung putih dan kuning, New Rody spesial kuning dan putih, dan Shee Na Krim Pemutih mengandung Merkuri.

Sementara kosmetik yang mengandung Asam Retinoat adalah krim dan krim kristal MRC Putri Salju, yang diproduksi oleh CV. Ngongoh Cosmetic, Bekasi. Nomor pendaftaran kedua produk ini sudah dibatalkan oleh Badan POM.

Sementara produk yang mengandung zat pewarna berbahaya merah K.3 dan merah K.10 adalah Aily Cake 2 in 1 Eye Shadow, Baollish Eye Shadow, Cameo Make up Kit 3 in 1, Cressida Eye Shadow, KAI Eyes Shadow, Meixue Yizu Eye Shadow, Nuobeier blusher, blush on, dan Pro-Make-Up, dan Sutsyu Eye Shadow.

Semua produk kosmetik yang dinyatakan mengandung zat pewarna berbahaya ini tidak memiliki nomor pendaftaran Badan POM.

Mayoritas merek kosmetik itu tidak punya izin edar dari Badan POM. Akan tetapi, sejumlah kosmetik, seperti krim siang dan krim malam Doctor Kayama, sempat mendapat izin edar, tetapi lalu dibatalkan Badan POM karena hasil pemeriksaan secara acak menunjukkan produk itu mengandung merkuri.

”Badan POM akan merazia kosmetik yang tidak punya izin edar dan mengandung bahan kimia berbahaya itu di semua provinsi. Saat ini, ada distributor yang sudah diajukan ke pengadilan,” kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen Badan POM Ruslan Aspan.

Ketua Bidang Industri Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia Putri K Wardani mendukung langkah Badan POM itu demi melindungi konsumen. ”Dengan diumumkannya merek kosmetik yang bermasalah, pelaku industri dan importir kosmetik yang menjalankan aturan tidak dirugikan,” ujarnya.

”Mayoritas kosmetik yang ditarik dari peredaran itu bukan anggota kami,” kata Putri. Pihaknya telah menyosialisasikan pada para anggotanya mengenai cara pembuatan kosmetik yang baik.

Husniah menyatakan, merkuri termasuk logam berat berbahaya yang dalam konsentrasi kecil pun bersifat racun. Pemakaian merkuri bisa menyebabkan bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf, otak, muntah, diare, kerusakan ginjal, dan gangguan perkembangan janin.

Pemakaian asam retinoat bisa menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, dan cacat pada janin. Adapun zat pewarna merah Rhodamin B, yang umumnya dipakai untuk pewarna kertas atau tekstil, bisa mengakibatkan kanker dan kerusakan hati.

Bagi masyarakat yang terkena risiko kosmetik tersebut agar melapor ke BPOM di Jakarta melalui unit layanan 021-4263333 atau balai POM di daerah.

Sumber:
Antara – 27 Kosmetik Mengandung Merkuri Ditarik

34 responses to “Daftar Nama 27 Kosmetik Obat Berbahaya Bagi Kesehatan Karena Mengandung Merkuri

  1. berantas kosmetik yang mengandung merkuri

  2. ok deh didukung ya! jangan pake kosmetik abal2, yg branded aja bahaya. Sip!

  3. Yang berbahaya cuma itu aja ya? KAlau seperti paraben, MEA, PEG, Polysorbate, dll, berbahaya gak?
    Tolong produk yang bagus apa ya?

  4. klo produk tull jye n bio aha mengandung bahan berbahaya seperti merkuri g?

  5. Hmmm,,
    kLo schoLar boLeh gk ya ..??

  6. mau tanya kalau cream pagi malam dr pure buatan malaysia sama cream perawatan deoonard, terus leupard terus model pearl cream kayak yoko, ub ginsara, cb, oseur, chumien , freecheek, kelly , dan samantha aman gak ya terus mengandung bahan berbahaya tidak tolong diteliti lagi dong soalnya kita pd takut mau pakainya yang aman yang gimana dan ciri2nya gmana tolong bales di emailn ya makasih sebelumnya

    • oya mao tnya krim deoonard 7 day whitening brbahaya gax?
      Tolong penjelasan’y.
      G tkt pkai.

    • kalau deoonard cream berbahaya gak ya?
      esther whitening+bleaching gmn? kmrn sempet liat di web bpom, esther ada pom nya tp kok msi dijual ilegal?
      responnya sangat ditunggu, krn klo saya cek sndiri lgsg ke bpom kena biaya :(
      tolong dibales yah.
      makasih :-)

  7. mau nanya deoonard 7days cream pagi+ malam buatan taiwan aman atau tidak d gunakan? ada kandungan yg berbahaya bagi kulit?tq

  8. samantha,kelly aman ga?

  9. Lok natural 99 gmn?tolong djawb y,krn udah byk yg pakai,makasi.

  10. kalo deeonard bleaching cream berbahay gak?

  11. untuk deoonard 7day gmn

  12. saya menemukan banyak konsumen yang menggunakan krim deoonard, dan ada ebrapa online shop yang menjualnya dengan harga sangat murah, apakah krim deoonard berbahaya?? saya sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan ini karena banyak rekan saya yang tergiur untuk membeli deonard termasuk saya.

    • deonard tidak berbahaya kok.
      mungkin saja ada kasus alergi pada beberapa orang atau yang kulitnya sensitif.
      kalau yang murah,lebih baik jangan beli deh,bisa jadi itu palsu!
      tapi asal anda tahu ya,deonard itu sudah mendapat ISO lho,bahkan terdapat tanggal produksi dan masa kadaluarsanya.
      kemasan deonard pun terbuat dari pot luks kaca,jadi kalau itu palsu atau dibuat oleh perusahaan yang asal-asalan,pasti tidak akan mau mengeluarkan modal besar untuk packingnya.
      produk deonard pun bermacam-macam,berarti deonard merupakan brand yang mampu mengeluarkan produknya tanpa ragu-ragu.

  13. Kalau deoonard gold, deoonard silver, dan whitening facial foam dr deoonard aman dipakai gak? Atau mengandung zat berbahaya? Mohon klarifikasinya

  14. cream deoonard silver & gold bahaya tidak…tolong kasih penjelasan yah?tq

  15. Mau tnya donk kalau cream racikan merek NATURAL 99 VITAMIN E Pluss berbahaya dan boleh digunakan atau ngga???tlong dblez

  16. Mw tlg tny,apakah deonard gold n silver cream mengandung zat berbahaya? Tlg dibls,tq.

  17. Klau Deoonard 7 day gimana?

  18. Kalau Deoonard Gold apa aman ya ? saya pakai merk ini kalau tidak aman saya harus kemana pindah masalahnya kulit saya sangat sensitif

  19. kayaknya lama deh dear balesannya, kalau pengen tau bawa aja deonard ke lab bpom , tapi lumayan mahal juga sih biayanya,, #sekedar saran,,

    oia bagi pengguna deonard , memang masih simpang siur mengenai keamanan ni produk,karena komposisi nya juga g jelas, dan g terdapat official webnya,, tapi perlu saya ingat sesuatu yang instant itu perlu dipeertanyakaan,, be smart buyer aja yah,,,,

  20. Apakah krem deonard mengandung merkuri?tlg blzt.

  21. deoonard cream + esther cream bahaya ga? responnya sangat ditunggu, terima kasih

  22. saya juga mo nany ni cream siang n malam deoonard 7 days berbahaya nggak?

  23. Deoonard cream ada bpom nya gak ya??
    Aman gak untuk di gunakan??
    Thanks

  24. kalau chiumien gimana katanya mengandung mercury, tapi udah ada nomor notifikasinya gimana itu???

  25. deoonard 7 days bahaya g?
    tlg diblas y

  26. lw krim dr. pure aman tidak di pakai dan mengandung merkuri g..??? tlong dijwab ya…. sy sngat membtuhkan jawaban anda //////// tq

  27. qlw deonard 7day siang mlm or yg gold aman gak? please emailnya

  28. ini dapat info dari mana ?

  29. natural 99. obat dokter berbhaya..mengandung lebih dari 100 bahan kimia. buktikan saja setelh pemakain berhenti..wjh akn lebih hitm dari sebelum pemakaian awal.. dan jika berkepanjangan, akan timbul yg namanya penyakit2 pada wjh..contoh jerwt yg g bs sembuh2.. pikir aja. krim tsb bnr2 cpt mutihin. dan sgla mcm dgn maslh pada wjh..yg jdi pertnyaan? kenapa g di iklanin d tv. toh bkl nguntungin kn. lw bnr2 khasiat nya aman. dan yg pstinya bs bersaing dgn merk2 olay, ponds, tje fuk..tpi ne knp g?? yg hrus dicurigain, krna produk tsb mngndung bhan berbhya sehingga tidk berani memasarkan terang2 an..

  30. saya pernah baca kalau cream import dijual dg hrga dibawah duaratus ribu patut dcurigai karena biaya import mahal,,deoonard dapat memutihkan dlm wktu 7 hari tapi saya pernah baca tidak ada cream yg dpt memutihkan wajah dlm wktu satu minggu kecuali mercury jadi harap hati-hati para konsumen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s