Daftar Air Minum Dalam Kemasan Yang Tercemar

Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia terhadap air minum dalam kemasan gelas, yang diproduksi oleh 21 perusahaan, menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan harus dicermati lagi proses produksinya. Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum.

”Konsumen harus hati-hati dengan AMDK (air minum dalam kemasan) gelas karena dari penelitian ditemukan ada AMDK gelas yang tak layak minum serta tak memenuhi standar SNI yang mensyaratkan kandungan koloni 1,0 x 10 pangkat 5 koloni per mililiter,” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo, Rabu (27/10) di Jakarta.

Penelitian YLKI dilatarbelakangi ditemukannya AMDK gelas yang tercemar. Selain itu, banyak ditemukan tempat penjualan yang tidak layak, AMDK gelas yang bocor, dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus berisi 48 gelas air minum dalam kemasan.

Hasil penelitian YLKI, menurut Sudaryatmo, ada dua merek AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi standar SNI. Padahal, tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut Maret 2012.

Ketika dimintakan tanggapan atas penelitian YLKI tersebut, ada pihak produsen yang memberikan tanggapan, tetapi ada pula yang mengabaikan hasil penelitian tersebut.

Menurut Sudaryatmo, dari 21 merek AMDK yang diteliti, hanya 10 merek AMDK gelas yang hasil penelitiannya negatif, kandungan koloninya di bawah ambang batas, yakni Sanqua, Aqua, LeVia, Quary, Fantasi, Indomaret, Giant, Hypermart Air Minum, Carrefour Air Minum, dan SAP.

Deputi III Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat Roy Sparingga mengatakan, kandungan koloni pada air minum dalam kemasan gelas di pabrik bisa berbeda dengan yang ada pada distributor. Bisa jadi di pabrik sudah memenuhi standar, tetapi di tingkat penjual kualitasnya turun. ”Kondisi seperti ini bisa terjadi karena kandungan plastik pada kemasan bisa mencemari air,” ujarnya.

About these ads

4 responses to “Daftar Air Minum Dalam Kemasan Yang Tercemar

  1. Kami dari Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT. Ekamitra yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), kami bermaksud mengajukan komplain terhadap yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).
    Yang mana dalam kemasan tersebut terdapat partisi KOTORAN seperti LUMUT yang jelas terlihat oleh mata karena dalam tiap kemasan lebih dari 10 butiran kecil yang berbentuk serpihan.
    Kami telah mengadukan hal tersebut pada Balai POM serang dan juga kami telah memberikan barang bukti yang terdapat partisi kotoran sebanyak 20 cup/gelas ukuran 240 ml, pada akhir bulan oktober kami telah konfirmasi kembali dengan pihak Balai POM dia bilang sudah diproses dan klear. tapi dari pihak perusahaan yang bersangkutan tidak ada biaya penggantian pada kami atas produk yang diproduksinya.
    Saat ini kami masih menyimpan barang bukti tersebut lebih dari 50 cup/gelas, karena pada saat kami membeli lebih dari 5 dus (isi 48 cup/gelas per dus).
    Kami bingung untuk mengadukan hal tersebut pada siapa yang bisa membantu kami untuk kompen dan bisa mendapatkan ganti rugi yang layak untuk kami.
    Kiranya YLKI dapat bantu kami untuk bisa mendapatkan hal tersebut, atas informsi di Hp : 085714854589 / 02193549250.
    Terima kasih

  2. Ini sih ga jelas info nya juga
    Kenapa yg jelas” tercemar dan bersalah pada konsumen
    Malah tidak disebutkan produk dan mereknya
    Terkesan dilindungi malah
    Jd sebenarnya konsumen yg telah ditipu yg dilindungi tuh
    Apa produsen yg menipu konsumen sih?
    Negara kita memang segala” nya aneh tapi ada

  3. YLKI harus transparan doong pada konsumen..

  4. Kalo produknya ga mau disebutin mending ga usah ada berita product product yang tidak layak jual atau menyalahi aturan pak/ bu!. Percuma, karena qta juga tidak bisa menghindarinya klo tdk tau MERK nya apa, atau produksi perusahaan mana!! Beginilah Indonesia yg kesemua halnya ga ada yg jelas! Hidup di Indonesia yang penting harus banyak uang, agar segala urusan bisa aman.ga perduli walo menyalahi aturan,karena akan tetap aman terlindungi dgn uang! Tinggal qta yg masyarakat dgn uang pas pasan harus slalu terima nasib dikondisikan apapun jg. HIDUP INDONESIA YG PENUH DGN KEMUNAFIKAN N KEMUSLIHATAN !!!! Wajar saja azab alam datang bergantian karena qta smua penuh dosa yang tak terampunkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s