Talkshow Produk Susu Yang Tercemar Bakteri di Trijaya FM

Mendengarkan Talkshow POLEMIK tentang susu formula yang tercemar bakteri di Trijaya FM pada hari Sabtu tanggal 1 Maret 2008 Jam 10.00 WIB, sangatlah menyedihkan hati bukan saja karena hampir semua pembicara di sana berargumentasi mencari kambing hitam. Tetapi juga karena ada beberapa pembicara yang sengaja memberikan informasi yang salah.

KONTAMINASI BAKTERI E. SAKAZAKII MENURUT WHO

Mengacu pada penjelasan WHO (World Health Organization), memang bayi-bayi tersebut terinfeksi bakteri E. sakazakii, bukan karena ibunya terjangkit HIV atau bukan karena lahir prematur atau bukan karena lahir berat rendah. Kondisi bayi bayi yang ibunya terkena HIV, bayi yang lahir premature dan bayi yang lahir dengan berat badan rendah, membuat bayi bayi itu terpaksa minum susu formula sejak awal mereka lahir. Karena itulah tingkat kemungkinan mereka terinfeksi menjadi sangat tinggi. (halaman 11, paragraf 2)

Berbeda dengan pembicara yang mengatakan bahwa di literatur ilmiah yang dia baca bahwa bayi yang terinfeksi bakteri E. sakazakii adalah bayi yang ibunya terkena HIV, bayi yang lahir premature dan bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Jadi karena itulah menurut pembicara tersebut kenapa bayi itu terinfeksi E. sakazakii.

Menyedihkan sekali betapa suatu fakta diputarbalikan.

Download: Literatur Ilmiah WHO tentang E. Sakazakii dalam Susu Formula Bayi

KONFRENSI WHO TENTANG KONTAMINASI E. SAKAZAKII PADA SUSU FORMULA BAYI

WHO dan FAO mengadakan konfrensi khusus Enterobakter sakazakii dan organisme lain yang mencemari susu formula pada di Geneva, 2-5 February 2004. Hal ini menunjukan betapa krusialnya masalah ini. Konferensi ini diadakan atas perminataan WHO dan FAO untuk meminta pendapat dari para ahli di “Codex Committee on Food Hygiene” untuk merevisi standard pembuatan makanan untuk bayi dan anak yang sehat. Hal ini membuktikan betapa pentingnya makanan yang bersih dari cemaran apapun bagi bayi dan anak yang merupakan harapan dunia.

Hasil dari konfrensi tersebut menyimpulkan bahwa kontaminasi bakteri enterobacter sakazakii dan salmonella pada susu formula bubuk untuk bayi menyebabkan infeksi dan penyakit pada bayi termasuk penyakit yang parah hingga menyebabkan bayi cacat dan kematian. Enterobacter sakazakii menyebabkan penyakit pada semua lapisan umur. Bayi dengan umur dibawah satu tahun yang paling berisiko terkena penyakit yang disebabkan oleh enterobacter sakazakii tersebut.Enterobacter sakazakii merupakan bakteri patogen yang muncul dan mengancam kesehatan masyarakat. Bahkan kadar rendah cemaran Enterobacter sakazakii pun merupakan risk factor bagi kesehatan.

ARGUMEN ANEH DARI BP POM

Dalam Acara POLEMIK di TRIJAYA FM wakil dari BP POM mengatakan bahwa POM tidak menemukan produk susu bayi yang telah tercemar dipasaran padahal beberapa hari yang lalu POM mengatakan bahwa mereka telah menarik semua produk susu formula yang telah tercemar. Yang menjadi pertanyaan sekarang bagaimana BP POM bisa menarik produk susu bayi yang telah tercemar bakteri E. Sakazakii bila POM tidak menemukan produk yang tercemar dipasaran?

BP POM menurut standar juga harus menyimpan setiap batch dari produk yang harus diawasi keamanannya jadi alasan bahwa POM tidak dapat memeriksa ulang hasil penelitian dari IPB tersebut karena produk yang diuji sudah tidak beredar dipasaran sebenarnya kurang tepat.

Dalam acara POLEMIK itu juga BP POM bertugas hanya melakukan Pengawasan, jadi beredarnya produk susu formula yang tercemar bakteri Enterobacter Sakazakii itu bukan tanggung jawab BP POM secara langsung karena itu bukan termasuk tugas pengawasan. Menurut wakil BP POM pada acara tersebut keberadaan bakteri E. Sakazakii dalam susu formula itu adalah kejadian yang biasa dan bukan luar biasa karena bakteri ada dimana-mana bukan hanya ada di susu tapi juga diudara, tubuh manusia dan makanan lain.Pada Harian Kompas tanggal 1 Maret 2008 oleh Bapak Roy dari BP POM juga menyebutkan bahwa tugas BP POM adalah sebatas manajemen resiko dan susu formula yang berbahaya bagi kesehatan itu bukan tanggung jawab BP POM karena BP POM hanya bertanggung jawab terhadap susu formula yang beresiko bagi kesehatan manusia. Bapak Roy berarugmen bahwa berbahaya bagi kesehatan manusia dan beresiko bagi kesehatan manusia itu berbeda maka dari itu susu yang tercemar bakteri E. Sakazakii itu tergolong berbahaya bagi kesehatan manusia bukan wewenang BP POM.Saran BP POM pada acara tersebut untuk masyarakat yang khawatir akan adanya bakteri E. Sakazakii yang berbahaya bagi kesehatan manusia pada susu formulanya adalah dengan membawa susu formula yang dikhawatirkan tersebut ke BP POM untuk diteliti dengan besar biaya penelitian per sampel sebesar Rp. 11 juta rupiah.

COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTIES

Untuk perusahaan kelas dunia seperti Nestle, Mead Johnson mapun Wyeth yang susunya tercemar bakteri Enterobacter Sakazakii hal ini juga merupakan tanggung jawab mereka, hal ini yang sering kita lupakan dalam semua pembahasaan tentang susu formula yang mengandung bakteri.

Hal ini termasuk Sosial Responsibilities (Tanggung Jawab Sosial) perusahaan terhadap masyarakat karena perusahaan itu bukan semata-mata mencari untung yang sebesar-besarnya.

Artikel yang Terkait:

BP POM sudah menarik semua susu formula bayi yang tercemar

5 responses to “Talkshow Produk Susu Yang Tercemar Bakteri di Trijaya FM

  1. Prof. DR. Zaenal B, SPOK

    Nama bapak yang ikut dalam acara itu adalah Mangku Sitepoe, yang notabene adalah ahli zoologi penyakit hewan yang menular kemanusia. Pendapat beliau memang terasa kurang berbobot apalagi beliau adalah seorang ahli.

    Beliau pada acara tersebut juga memberikan diagnosa penyakit dari pertanyaan pemirsa yang adalah wewenang dari dokter dan bukan ahli zoologi.

    Perlu ditambahkan dalam pernyataannya beliau juga menyatakan bahwa keberadaan bakteri dalam susu formula dalam kemasaan adalah sesuatu yang tidak mungkin padahal kenyataannya susu dalam kemasaan adalah tercemar. Beliau seolah-olah mengetahui dengan benar seluruh proses pengolahan susu formula dalam kemasan, yang notabene bukan bidang keahliannya.

  2. kok para produsen susu itu tega bikin susu yg tercemar…

  3. supaya untung SEGEDE-GEDENYA …. yang penting untung peduli setan yang lain buntung …

  4. Susu yang telah tercemar………………………………….

    YUAKS!!!!!!!

  5. Cepat lari,ada susu yang telah cemar……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s