Carrefour Menjual Makanan Kadaluwarsa

Carrefour Menjual Makanan Kadaluwarsa

Sejumlah makanan dan minuman kadaluarsa dan tidak berlebel ditemukan terpajang di rak-rak Carrefour Ciledug sehingga mendapat teguran keras dari Pemkot Tangerang.

Teguran keras disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisara H. Dafyar Eliadi kepada manajemen swalayan itu saat melakukan Sidak ke swalayan itu dan pasar.

Makanan berbahaya itu di antaranya susu, bakso, dan kemasan ikan dari China dan industri rumahtangga.

“Kita akan memanggil manajemen Carrefour serta industri yang mengeluarkan makanan tanpa label agar segera mengurus perizinan,” kata Dafyar. Pemanggilan ini sebagai upaya agar kasus serupa tidak terulang lagi.

Kepala Seksi Pengawasan Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Tangerang, Heri Iskandar menuturkan, makanan dan minuman kadaluarsa dan tak berlebel yang telah diambil sampelnya itu akan diuji laboratorium untuk mengetahui tingkat kesehatannya.

“Apakah masih layak dikonsumsi atau tidak,” jelas Heri. Bila dilihat dari kemasan, tentunya belum bisa dipastikan kadar kesehatannya, terutama yang berasal dari China. Cara efektifnya, ya melalui tes laboratorium.

Sumber Berita Pos Kota: Carrefour Jual Makanan Kadaluarsa

Manipulasi label kadaluwarsa makanan dan minuman marak dilakukan

Praktik manipulasi label kadaluwarsa makanan dan minuman marak dilakukan para pedagang di Kota Kediri, Jawa Timur.

Praktik itu berhasil dibongkar petugas gabungan dari Dinas Kes, Dinas Perindustrian dan Perdagagangan, Dinas Pertanian, dan Satpol Pamong Praja Kota Kediri yang menggelar razia di sejumlah tempat, Selasa.

Petugas menemukan beberapa makanan dan minuman kemasan yang label kedaluwarsanya diganti dengan tulisan tangan. “Ini kami temukan di beberapa gudang milik para pedagang,” kata Kasi Peternakan Dinas Pertanian Kota Kediri, Subekti.

Pihaknya sudah mendata beberapa toko dan agen makanan dan minuman dalam kemasan di Jalan Pattimura, Kediri, yang dianggap melakukan praktik manipulasi itu.

Sayangnya, petugas tidak menyita beberapa makanan dan minuman dengan label palsu itu di toko Jalan Patimura, kecuali hanya mengambil beberapa sampel.

Sementara itu, razia makanan dan minuman yang digelar petugas gabungan dari Pemkot Kediri itu diwarnai dengan insiden pengusiran sejumlah wartawan.

Beberapa wartawan yang mencoba mengambil gambar pemeriksaan makanan dan minuman itu didorong dan dipaksa meninggalkan toko oleh pemiliknya.

Insiden ini memancing kecurigaan petugas, sehingga terbongkarlah praktik manipulasi label kedaluwarsa

SUMBER BERITA ANTARA: Praktik manipulasi label kadaluarsa marak dilakukan

2 responses to “Carrefour Menjual Makanan Kadaluwarsa

  1. Saya sendiri juga punya pengalaman uruk di Carrefour untuk produk elektroniknya. Begini ceritanya:
    Saya belanja di Carrefour, bermaksud membeli microwave Sharp R-898M yang dipromosikan dengan harga diskon yaitu: Rp. 2.552.000,- Oleh pihak penjual diberitahu bahwa barangnya mesti inden paling lama 2 minggu, barangnya pasti tersedia. Saya menyetujuinya dan membayar penuh harga tersebut. Setelah hampir 2 minggu, saya datang lagi ke Carrefour dan menanyakan microwave yang saya pesan. Oleh petugas Carrefour, saya diberitahu bahwa barang tidak ada, dan tidak akan ada dalam waktu yang lama. Dia menawarkan barang yang di-display. Saya tidak keberatan dengan barang display, tetapi ternyata kelengkapan barang display tersebut tidak ada, seperti kardusnya, buku petunjuknya, dan perlengkapan lain tidak ada.
    Saya kecewa dengan janji Carrefour! Buat apa saya mesti inden kalau pada akhirnya Carrefour tidak bisa menyediakannya????
    Juga, saat pengembalian uang saya yang saya bayar dengan kartu kredit Carrefour BCA, uang dikembalikan dalam rekening saya, sedangkan pembayaran kartu kredit telah jatuh tempo dan saya harus bayar penuh. Uang saya yang nantinya dikembalikan tidak dikembalikan dalam bentuk tunai, artinya untuk mendapatkan uang saya, saya harus membelanjakannya samapai habis Rp. 2.552.000!!!
    Ini seolah-olah memberi pinjaman uang ke Carrefour!!! Hah, Carefour yang sebesar ini dan punya cabang dimana2 kok melakukan praktek seperti ini.
    Kalau Barang tidak ada, kok ditawarkan dalam bentuk diskon besar, ini bisa dikategorikan penipuan, apalagi menjanjikan barang dalam bentuk inden tapi tidak bisa memberikan barang terebut sesuai perjanjian.

  2. dwi ekasan tomo

    saya pemegang kartu carrefour mega card no:4890870058063760,ada transaksi yg salah tgl 12juni2011,dimana sy melakukan transaksi 1 kali ternyata di lembar tagihan saya jd 2kali,tgl cetak 18 juni 2011,sy udh konfirmasi di mega carrfour,TERNYATA KESALAHAN KASIR CARREFOUR,dimana kasir tsb menggesek kartu sy 2 kali,dg jmlh 635.965 ribu di hr yg sama,itu pun beda waktunya hanya 50 detik???itu pun informasi dr mega carrefour puri indah sendiri,saya sdh membayar kewajiban sy Rp 1.031.850 jt,dan sy sdh melakukan fax mega ke no:02179187693 dg melampirkan bukti” transaksi saya ke no tsb dr mega intercon kb jeruk,ternyata lbr tagihan sy dtg lg,dg tgl cetak 18 juli 2011 dg jml rp 756.926 rb.yg ingin sy tanyakan”SEPERTI INIKAH KINERJA CARREFOUR DG MEGA CARD DI MANA KESALAHAN KASIR CARRFOUR JADI SAYA YG KENA BEBAN TAGIHAN LAGI”semoga tidak ada kesalahan seperti ini menimpa nasabah yg lain,sy ingin belanja praktis mudah dan cepat melalui mega card,ternyata MENGECEWAKAN,semoga keluhan sy ini bisa menjadi CARREFOUR MEGA CARD lebih maju dan profesional,atas kerja samanya sy ucapkan terimakasih.0215868134/08161473460,DWI EKASAN TOMO,JL RAYA JOGLO NO:8 KEMBANGAN JAKBAR.

Leave a Reply

