Hati Hati Usus Ayam Berformalin Beredar di Jakarta

LTF ditangkap polisi dari Polresto Jakarta Barat karena menjalankan usaha usus ayam berformalin. LTF bersama lima orang sengaja mencampur formalin dengan air lalu dituangkan ke usus ayam agar awet.

“Pelaku mengaku mencampur usus ayam dengan formalin yang dipasarkan di pasar Tambora Jakarta Barat,” kata Wakil Kepala Polisi Resort Metro Jakarta Barat AKBP Aan Suhanan kepada wartawan, Kamis (25/11).

Menurut Aan, pelaku LTF ini ditangkap di Jalan Duri Utara Raya, Tambora, Jakarta Barat pada pukul 03.00 WIB. “Dari situ dikembangkan sampai di rumah pelaku yang berada di Dusun Bambu Apus Rt 01 Rw 04 Pamulang,” jelas Aan.

“Polisi menyita 1 jeriken berisi 3 liter formalin, 200 kilogram usus ayam yang sudah diolah, 350 kilogram usus ayam yang sudah dikantongi, dan 100 kilogram usus ayam yang belum diolah. Disita pula satu mobil pick up Suzuki Futura sebagai mobil operasional,” jelas Aan.

Kepada polisi, LTF mengaku mendapatkan usus ayam dari rumah pemotongan ayam dengan harga Rp 3.000 per kilogram.

Untuk pembuatannya, LTF membersihkan usus, kemudian direbus, lalu dimasukkan ke dalam bak air yang sudah dicampur formalin.

Usus kemudian direndam sehari semalam, dibungkus kantong plastik, disimpan di lemari es, dan esoknya dijual. “Ia menjual Rp 7.500 per kilo nya,” terang Aan.

Dalam aksinya, LTF dibantu oleh Sanen dan Didik yang bertugas menyampur dan mengolah formalin, Sultan yang bertugas mengolah usus ayam, Topan dan Herman sebagai sopir dan kernet mobil. Namun, para pembantu LTF ini masih berstatus sebagai saksi.

LTF dijerat Pasal 55 Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau denda Rp 600 juta

3 responses to “Hati Hati Usus Ayam Berformalin Beredar di Jakarta

  1. TIKI SEBAIKNYA DI BUBARKAN SAJA / DI CABUT IZIN OPERASIONALNYA,KARENA SUDAH BANYAK MERUGIKAN KONSUMEN.SUDAH BANYAK SAYA MEMBACA KELUHAN MASYARAKAT AKAN HAL INI,TAPI RUPANYA TIKI MENUTUP MATA ASAL DAPAT DUIT (EMANG GUE PIKIRIN).INILAH FENOMENA YANG BANYAK DI KELUHKAN PENYEDIA JASA YANG ASAL ASALAN SEHINGGA MASYARAKAT PENGGUNA TIKI MERASA TERTIPU & MENANGGUNG RUGI.UNTUK FIHAK – FIHAK TERKAIT TOLONG DI TINJAU & MEMBERI SANKSI TEGAS KEPADA PENYEDIA JASA TITIPAN KILAT YANG SUPER LAMBAT INI.

  2. Info tambahan :
    – Formalin Pada Ikan (Ikan berformalin dan tidak berformalin)
    – Ciri – Ciri Ikan Berformalin

  3. wau berbahaya sekali, tolong peredaran formalin bener-benar di ketatin, dan beri sanksi pada penjual formalin serta penggunanya dong! karena jika terus-terusan beredar masyarakat indonesia tak lagi sehat semua makanan berformalin, nyari yang aman susah dan gak tahu ciri-ciri yang tak berformalin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s